30 Gambar Alat Musik Daerah Tradisional Indonesia

Alat musik yaitu satu alat yang tentu tiap-tiap daerah memilikinya dan juga tiap-tiap daerah di Indonesia tentu mempunyai alat musik dengan ciri khas tersendiri.

30 Gambar Alat Musik Daerah Tradisional Indonesia

Lantaran indonesia mempunyai 33 provinsi dan juga tentunya indonesia populer dengan negara paling kaya di dunia dengan alamnya dan juga juga budayanya.

Oleh karena itu kita bakal mengulas artikel mengenai 30 Gambar Alat Musik Daerah Tradisional Indonesia.

1. Alat Musik Tifa

Tifa yaitu alat musik yang dapat keluarkan nada type membranofon, dan juga banyak diketemukan didaerah Papua, langkah memainkannya yakni dengan memukul dengan telapak tangan di bagian alat musik Tifa ini.

Alat Musik Tifa

2. Alat Musik Guoto

Guoto yaitu alat musik yang populer di daerah Papua Barat yang dapat keluarkan nada type Kordofon, langkah memainkannya yakni dengan menuai dibagian senarnya.

Alat Musik Guoto

3. Alat musik FU

FU yaitu alat musik yang banyak diketemukan didaerah maluku utara dapat mengluarkan nada type Aerofon, langkah memainkannya yakni dengan meniup dan mengatur lewat telapak tangan sebagai pengatur nada.

Alat musik FU

4. Alat musik Nafiri

Nafiri yaitu satu diantara alat musik yang datang dari daerah Maluku dan juga keluarkan nada type membranofon, langkah mainnya yakni dengan ditepuk memakai telapak tangan.

Alat musik Nafiri

5. Alat musik Kecapi

Kecapi yaitu alat musik yang datang dari sulawesi barat yang mempunyai type nada yang khas yakni Kordofon, langkah memainkannya yakni dipetik dibagian senarnya.

Alat musik Kecapi

6. Alat Musik Ganda (Gorontalo)

Terkecuali dari sulawesi tengah alat musik Ganda ada juga yang datang dari Gorontalo dan juga mempunyai type nada membranofon, langkah memainkannya yakni lewat cara ditepuk menggunakan telapak tangan di bagian yang lunak pada alat musik ini.

Alat Musik Ganda

7. Alat musik ladolado

Ladolado yaitu alat musik yang datang dari daerah sulawesi tenggara dan juga mempunyai type bunyi Ideopon, langkah mainya yakni lewat cara dipukul menggunakan pemukul yang spesial.

Alat musik ladolado

8. Alat Musik Keso

Keso yaitu alat musik yang datang dari Sulawesi Selatan dan juga mempunyai type nada Chordofon, langkah memainkannya yakni digesek di bagian senar memakai alat yang spesial.

Alat Musik Keso

9. Alat Musik Ganda (Sulawesi Tengah)

Ganda yaitu alat musik yang datang dari daerah Sulawesi tengah yang mempunyai type nada Membranofon, langkah memainkannya yakni dengan menepuk menggunaan telapak tangan di bagian yang lunak.

Alat Musik Ganda (Sulawesi Tengah)

10. Alat Musik Kolintang

Kolintang yaitu alat musik yang disukai oleh beberapa orang di Sulawesi utara, langkah memainkannya yakni lewat cara dipukul dengan pemukul yang spesial dan juga bakal keluarkan type nada Ideofon.

Alat Musik Kolintang

11. Alat Musik Panting

Panting yaitu alat musik yang cukup disukai oleh masyarat kalimantan selatan dengan mempunyai type nada kordofon, langkah mainnya yakni dengan dipetik di bagian senarnya.

Alat Musik Panting

12. Alat Musik Japen

Japen yaitu alat musik yang disukai oleh masrayakat didaerah Kalimantan tengah langkah mainnya yakni dengan dipetik di bagian senarnya dan juga bakal membuahkan type bunyi Kordofon.

Alat Musik Japen

13. Alat musik Sampe

Sampe yaitu alat musik yang unik yang datang dari daerah Kalimantan timur dan juga mempunyai type bunyi Kordofon, langkah mainnya yakni dengan dipetik di bagian senarnya.

Alat musik Sampe

14. Alat Musik Tuma

Tuma yakni alat musik yang datang dari daerah Kalimantan Barat dengan khas bunyi membranofon, langkah mainnya yakni dengan ditepuk memakai telapak tangan kita.

Alat Musik Tuma

15. Alat musik Sasando

Sasando yaitu Alat musik yang datang dari daerah Nusa Tenggara Timur yang mempunyai type bunyi chordofon yang dipetik memakai jari-jari pada senarnya.

Alat musik Sasando

16. Alat Musik Serunai

Terkecuali dari Aceh alat musik Serunai ada juga yang datang dari Nusa Tenggara Barat dan juga berjenis nada Aerofon, langkah mainnya sama juga dengan serunai dari aceh yakni ditiup lantas nadanya dimainkan dengan memakai jari-jari tangan untuk tutup lubang-lubang pada Serunai.

Alat Musik Serunai

17. Alat Musik gengceng

Gengceng yaitu alat musik yang unik dan juga datang dari daerah Bali dengan mempunyai khas bunyi yaitu Ideofon, langkah mainnya yakni dengan ditempatkan pada ke-2 telapak tangan lantas ditepuk keduanya hingga dapat berbenturan dan juga bisa keluarkan nada.

Alat Musik gengceng

18. Alat Musik Gendang Banten

Terkecuali dari yogyakarta nyatanya Gendang ada juga yang datang dari daerah banten dan juga mempunyai khas bunyi berbentuk membranofon, langkah mainnya yakni dengan menepuknya menggunakan telapak tangan.

Alat Musik Gendang Banten

19. Alat musik Bonang

Bonang yaitu alat musik yang datang dari jawa timur dengan type nada Ideofon, langkah mainnya yakni dipukul dengan pemukul spesial.

Alat musik Bonang

20. Alat musik Gendang (Yogyakarta)

Gendang yaitu alat musik yang datang dari daerah Yogyakarta dan juga mempunyai type bunyi yakni Ideofon, langkah mainnya yakni lewat cara ditepuk menggunakan telapak tangan di bagian lunak gendang, Alat musik ini kerap kita saksikan ditampilkan wayang dangdut dan juga pertunjukan yang lain.

Alat musik Gendang (Yogyakarta)

21. Alat Musik Gamelan

Gamelan yakni alat musik tradisional yang datang dari daerah jateng yang mempunyai type bunyi berbentuk Ideofon, langkah mainnya yakni lewat cara dipukul-pukul dengan alat pemukul spesial, dan juga umumnya kita memandangnya ditampilkan wayang dan juga kuda lumping.

Alat Musik Gamelan

22. Alat musik Angklung

Angklung yaitu alat musik yang mempunyai type nada Ideofon dan juga datang dari daerah Jawa barat, langkah mainnya yakni lewat cara menggetarkan di bagian bawahnya memakai tangan kita.

Alat musik Angklung

23. Alat Musik Tehyan

Tehyan yaitu alat musik yang datang dari daerah Ibukota Jakarta dan juga mempunyai type nada Kordofon, langkah mainnya yakni lewat cara digesek memakai alat spesial dibagian dawai atau juga senarnya sama juga dengan memainkan biola.

Alat Musik Tehyan

24. Alat musik Gendang Panjang

Gendang panjang yaitu alat musik daerah yang datang dari Kepulauan Riau dan juga mempunyai type bunyi berbentuk Membranofon, langkah mainnya yakni menepuk dengan tangan di bagian yang lunak gendang, umumnya kita kerap lihat pad pertunjukan dangdut.

Alat musik Gendang Panjang

25. Alat Musik Gendang Melayu

Gendang melayu yaitu alat musik yang datang dari daerah Kepulauan bangka belitung dan juga mempunyai type bunyi Membranofon, langkah memainkannya yakni dengan menepuk ruang lunak dengan memakai telapak tangan kita.

Alat Musik Gendang Melayu

26. Alat Musik Bende

Alat Musik Bende datang dari daerah Lampung yang mempunyai type nada Ideofon, Langkah mainnya yakni dengan memakai alat pemukul spesial untuk memukul alat itu supaya dibuat nada yang bagus.

Alat Musik Bende

27. Alat Musik Doll

Alat musik Doll datang dari daerah Bengkulu yang mempunyai type nada Membranofon, langkah mainnya yakni dengan dipukul menggunakan alat pemukul dan juga bakal membuahkan nada yang bagus jika dipadukan dengan alat musik yang lain.

Alat Musik Doll

28. Alat musik Accordion

Alat musik Accordion datang dari daerah Sumatera Selatan yang mempunyai type bunyi Aerofon, langkah pemakaiannya yakni dengan menggunakan ke-2 tangan kita, pada tangan yang satu berperan sebagai pengatur alunan nada, sedang pada tangan yang ke-2 berperan untuk mengatur suara.

Alat musik Accordion

29. Alat musik Gambus

Alat musik yang serupa seperti gitar ini bernama Gambus, alat musik ini datang dari didaerah Riau yang mempunyai type bunyi Kordofun dan juga langkah mainnya yakni dengan dipetik memakai jari dan juga memainkan suara dengan jari.

Alat musik Gambus

30. Alat musik Saluang

Alat musik saluang datang dari daerah sumatera barat yang mempunyai type bunyai Aerofone alat musik ini cendderung serupa dengan seruling dan juga manfaatnyapun tidak jauh tidak sama, langkah pemakaiannya yakni dengan ditiup dan juga pada lubang yang ada pada alat musik ini, dan juga untuk pengatur suara yakni dengan jari-jari tangan sebagai penutup lubangnya.

Alat musik Saluang

Itulah keterangan mengenai 30 Gambar Alat Musik Daerah Tradisional Indonesia mungkin saja dapat jadi rujukan dan juga mudah-mudahan dapat berguna.

30 Gambar Alat Musik Daerah Tradisional Indonesia | Raden Winata | 4.5