Pengertian, Kegunaan, Manfaat & Rumus Kimia Alkohol

Alkohol adalah merupakan salah satu dari sebuah kelompok senyawa organik yang dibentuk oleh hidrokarbon-hidrokarbon oleh pertukaran satu atau lebih gugus hidroksil dengan atom-atom hidrogen dalam jumlah yang sama.

Pengertian, Kegunaan, Manfaat & Rumus Kimia Alkohol

Istilah ini menjadi lebih luas untuk berbagai jenis hasil pertukaran yang bereaksi netral dan mengandung satu atau lebih gugus alkohol.

Alkohol juga merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut etanol, biasa disebut juga dengan istilah “grain alkohol”, dan sering masyarakat menyebutnya untuk minuman yang mengandung alkohol.

Hal itu menjadi sangat wajar lantaran memang etanol yang digunakan sebagai bahan dasar pada minuman yg dikonsumsi masyarakat tersebut.

Pada bidang Kimia, Alkohol merupakan sebuah istilah yang umum bagi senyawa organik apapun yang mempunyai gugus hidroksil yang terikat pada atom karbon, dimana ia sendiri terikat pada atom hidrogen maupun karbon lainnya.

Rumus Kimia Alkohol

Berikut ini adalah merupakan rumus kimia umum untuk alkohol : CnH2n+1OH

Manfaat dan Kegunaan Alkohol

Adapun manfaat dan kegunaan alkohol adalah untuk sebagai agen pembunuh kuman, penawar untuk keracunan metanol, atau sebagai agen penyejuk untuk menurunkan demam panas.

Terdapat tiga jenis utama alkohol yaitu, primer, sekunder dan tersier. Hal ini berdasarkan pada jumlah karbon yang terikat pada karbon C-OH.

Yang termasuk alkohol primer adalah Etanol dan Metanol. Yang termasuk alkohol sekunder adalah propan-2-ol. Dan yang termasuk alkohol tersier adalah 2-metilpropan-2-ol.

Etanol biasanya dibikin dari fermentasi buah ataupun gandum dengan campuran ragi. Etanol merupakan barang yang sangat umum dipakai, dan sudah dibuat oleh manusia sejak ribuan tahun lalu.

Pengertian, Kegunaan, Manfaat & Rumus Kimia Alkohol | Raden Winata | 4.5