Pengertian Teori Biaya Produksi Beserta Rumus & Contohnya

Biaya produksi yaitu seluruh pengeluaran yang dijalankan oleh perusahaan untuk memperoleh beberapa aspek produksi dan juga beberapa bahan mentah yang bakal dipakai untuk membuat beberapa barang yang diproduksikan perusahaan itu.

Pengertian Teori Biaya Produksi Beserta Rumus & Contohnya

Biaya dalam artian Ekonomi adalah seluruh “ beban “ yang perlu dijamin untuk sediakan satu barang supaya siap digunakan oleh customer.

Biaya dalam artian Produksi adalah Seluruh “beban” yang perlu dijamin oleh Produsen untuk membuahkan satu Produksi.

Biaya produksi merupakan beban yang perlu dijamin oleh produsen berbentuk duit untuk membuahkan satu barang/layanan. Menentukan biaya produksi berdasar pada pengertian itu membutuhkan ketelitian lantaran ada yang tidak sulit diidentifikasikan, namun ada pula yang susah diidentifikasikan.

Biaya produksi bisa didefinisikan sebagai keseluruhan pengeluaran yang dikerjakan oleh perusahaan untuk mendapatkan beberapa aspek produksi dan juga bahan- bahan mentah yang bakal di pakai untuk membuat beberapa barang yang diproduksi perusahaan itu.

Tiap-tiap pebisnis mesti mampu mengkalkulasi biaya produksi supaya bisa mengambil keputusan harga pokok barang yang dibuat. Untuk mengkalkulasi biaya produksi, terlebih dulu mesti dipahami pengertiannya.

Biaya produksi bisa mencakup unsur-unsur seperti berikut :

  1. Bahan baku atau juga bahan basic termasuk juga bahan 1/2 jadi.
  2. Beberapa bahan pembantu atau juga penolong
  3. Gaji tenaga kerja dari tenaga kerja kuli sampai direktur.
  4. Penyusutan perlengkapan produksi.
  5. Duit modal, sewa.
  6. Biaya pendukung seperti Biaya angkut, Biaya administrasi, perawatan, Biaya listrik, Biaya keamanan dan juga asuransi
  7. Biaya pemasaran seperti Biaya iklan
  8. Pajak

Pandangan akuntan tentang Biaya mengutamakan pada bebrapa Biaya segera, beberapa Biaya historis, dan juga beberapa Biaya yang lain. Jadi definisi Biaya menurut pakar ekonomi tiap-tiap sumberdaya yaitu pembayaran yang dibutuhkan agar sumber-sumber daya itu pada pemakaiannya yang saat ini. Dengan kata lain Biaya ekonomi satu sumber daya itu pada alternative peluang pemakaiannya yang terbaik.

Biaya produksi membuat harga pokok produksi yang dipakai untuk mengkalkulasi harga pokok product lalu dan juga harga pokok product pada akhir periode akuntansi masih tetap dalam sistem.

Biaya produksi dikelompokkan dalam tiga type yang juga adalah elemen-elemen paling utama dari Biaya produksi, mencakup :

  • Biaya bahan baku (direct material cost)
    Adalah bahan dengan cara segera dipakai dalam produksi untuk wujudkan satu jenis product lalu yang siap untuk di pasarkan.
  • Biaya tenaga kerja segera (direct labour cost)
    Adalah bebrapa Biaya untuk beberapa tenaga kerja segera diletakkan dan juga didayagunakan dalam mengatasi bebrapa aktivitas sistem product lalu dengan cara segera diterjunkan dalam aktivitas produksi mengatasi semua perlengkapan produksi dan juga usaha itu bisa terwujud.
  • Biaya overhead pabrik (factory overhead biaya)
    Biasanya didefinisikan sebagai bahan tak segera, tenaga kerja tak segera dan juga Biaya pabrik yang lain, seperti ; Biaya pemeliharaan pabrik, yg tidak dengan cara gampang didefinisikan atau juga dibebankan disuatu pekerjaan.

Biaya produksi yang dikeluarkan tiap-tiap perusahaan bisa dibedakan jadi dua, yakni :

  • Biaya Eksplisit : Semuanya pengeluaran untuk peroleh beberapa aspek produksi dan juga input lain yang dibayar lewat market (pembayaran berbentuk duit)
  • Biaya Implisit : Biaya Implisit daah Biaya yg tidak tampak dengan cara segera, umpamanya Biaya penyusutan barang modal.

Teori Biaya produksi menurut periode waktunya, dibedakan jadi 2 yaitu :

  • Periode Saat Pendek
    Dalam periode pendek perusahan yaitu periode waktu dimana beberapa aspek produksi tidak bisa di lebih jumlahnya. Teori – teori Biaya produksi dalam periode pendek, yaitu :

    • Biaya Keseluruhan dan juga Beberapa jenis Biaya Keseluruhan
    • Biaya Rata-rata Dan juga Marjinal
  • Periode Saat Panjang
    Dalam periode panjang perusahaan bisa memberi semuanya aspek produksi atau juga input yang bakal digunakannya.

Oleh karenanya, Biaya produksi tak perlu lagi dibedakan pada Biaya tetaplah dan juga Biaya beralih. Didalam periode panjang tak ada Biaya tetaplah, semuanya type Biaya yang di keluarkan adalah Biaya beralih.

Ini bermakna kalau perusahaan-perusahaan bukanlah saja bisa memberi tenaga kerja namun dapat juga memberi jumlah mesin dan juga perlengkapan produksi yang lain, luas tanah yang dipakai (terlebih dalam aktivitas pertanian) dan juga luasnya bangunan/pabrik yang dipakai.

Aspek produksi yaitu semua suatu hal yang diperlukan untuk menghasilkan barang dan juga layanan. Aspek produksi yang dapat dipakai dalam sistem produksi yakni :

  1. Sumber Daya Alam
  2. Sumber Daya Manusia (Tenaga Kerja Manusia)
  3. Sumber Daya Modal
  4. Sumberdaya Pengusaha

Aspek yang bakal memastikan kemampuan produksi yang digunaan yaitu tingkat produksi yang diraih.

Dalam analisa ekonomi kemampuan pabrik digambarkan oleh kurva Biaya keseluruhan rata-rata atau juga Average Biaya (AC). Peminimuman Biaya periode panjang bergantung pada 2 aspek tersebut :

  • Tingkat produksi yang menginginkan dicapai
  • Karakter dari pilihan kemampuan pabrik yang tersedia

Aspek yang bakal memastikan kemampuan produksi yang digunaan yaitu tingkat produksi yang menginginkan diraih.

Teori Biaya produksi erat hubungannya dengan teori manfaat pengeluaran. Kedua-duanya membedakan analisisnya pada periode pendek dan juga periode panjang. Kedua-duanya juga di pengaruhi oleh hukum produksi marjinal yang makin menyusut.

Pengertian Teori Biaya Produksi Beserta Rumus & Contohnya | Raden Winata | 4.5