Tips & Cara Membuat Email Blast Yang Menarik Perhatian

Sebelumnya apakah Anda tahu apa itu email blast? Email blast merupakan salah satu cara untuk berkomunikasi antara suatu perusahaan dengan calon pelanggan atau konsumennya. Tetapi dalam blasting yang satu ini ada penawaran yang menjadi etiket yang wajib dipatuhi.

Cara Membuat Email Blast

Etiket tersebut yaitu bahwa email harus dikirim kepada para calon pelanggan ataupun konsumen yang benar-benar dan sungguh-sungguh ingin mendapatkan email yang Anda buat. Sehingga dalam hal itu email yang Anda kirim harus benar-benar dikirim kepada orang yang tepat karena jika dikirim kepada sembarangan orang, maka email yang Anda kirim bisa disebut spamming sedangkan yahoo dan google sangat tidak menyukai spamming. Sebetulnya agar email blast yang Anda buat mudah dipahami oleh para pembaca, ada cara membuat email blast menggunakan Microsoft Office.

Sebelum mengirim email blast ada beberapa hal yang harus disiapkan terlebih dahulu yaitu Microsoft Office, diantaranya meliputi Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft Outlook. Berikut ini beberapa cara membuat email blast dengan Microsoft diantaranya adalah:

  1. Buatlah isi atau badan email yang akan dikirim pada Microsoft Word .
  2. Buatlah daftar nama serta alamat email yang dituju pada Microsoft Excel lalu simpan.
  3. Open Microsoft Outlook yang telah di setting terlebih dahulu dengan email perusahaan ataupun email Anda sendiri.
  4. Setelah semuanya siap, kembalilah ke Microsoft Word lalu klik menu Mailing > Select Recipient > Use Existing List.
  5. Kemudian pilihlah file Excel yang sebelumnya sudah disimpan dengan isi daftar email .
  6. Pilihlah Sheet 1 yang berisi daftar email.
  7. Klik Mailing > Insert Merge Field lalu pilihlah pada kolom nama.
  8. Pilih Preview Result sekaligus tekanlah tombol panah yang mengarah ke kanan guna memastikan daftar email yang ada di Microsoft Excel telah berhasil terhubung dengan Microsoft Word.
  9. Klik Finish > Merge > Send Email Message
  10. Setelah itu akan muncul menu Merge to Email lalu isilah To dengan kolom email yang ada pada Microsoft Excel , Subject line diberi judul sesuai dengan yang Anda inginkan kemudian Mail format pilihlah HTML dan terakhir untuk Send Records pilihlah All lalu klik OK.
  11. Setelah itu akan muncul pertanda bahwa email sedang dikirim ke alamat yang Anda kehendaki. Tunggulah sampai pengiriman selesai.

Demikianlah cara membuat email blast dengan Microsoft Office yang bisa memudahkan para marketer untuk mengirim berbagai promosi barang atau jasa yang ditawarkan kepada para calon pelanggan atau konsumen. Dengan adanya cara seperti ini para marketer akan dengan mudah melakukan promosi tanpa harus terjun ke lapangan langsung asalkan email blast yang dikirim memiliki daya tarik sehingga menarik perhatian pula bagi para calon konsumen atau pelanggan.

Tips & Cara Membuat Email Blast Yang Menarik Perhatian | Raden Winata | 4.5