Pengertian, Proses & Reaksi Fotosintesis Pada Tumbuhan

Fotosintesis adalah merupakan sebuah proses biokimia yang dilakukan oleh tumbuhan dalam pembentukan zat makanan seperti karbohidrat, khususnya tumbuhan yang memiliki zat klorofil atau hijau daun.

Pengertian, Proses & Reaksi Fotosintesis Pada Tumbuhan

Selain tumbuhan yang memiliki kalori tinggi, alga dan beberapa jenis bakteri juga diantaranya yang termasuk makhluk hidup non-klorofil yang berfotositesis.

Bantuan energi cahaya matahari, air, hara serta karbondioksida adalah beberapa zat yang diperlukan guna berfotosintesis oleh organisme tersebut.

Jika diartikan dari asal bahasa, fotosintesis berasal dari kata foto yang memiliki arti cahaya dan sintesis yang memiliki arti penyusunan.

Dengan demikian, fotosintesis merupakan sebuah proses penyusunan bahan organik dari H2O dan CO2 melalui bantuan beberapa zat yang sudah disebutkan sebelumnya.

Reaksi Fotosintesis

Rangkaian reaksi fotosintesis pada umumnya dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu reaksi terang (karena membutuhkan cahaya) dan reaksi gelap (karena tidak membutuhkan cahaya, melainkan karbondiokasida).

Reaksi terang merupakan sebuah proses guna menghasilkan ATP dan Reduksi. Cahaya matahari dan air adalah beberapa molekul yang diperlukan dalam reaksi ini.

Seluruh proses pada reaksi terang ini diawali dengan penangkapan foton oleh pigmen yang berperan sebagai antena.

Siklus Calvin-Benson dan Hatch-Slack merupakan dua jalur proses yang terjadi dalam reaksi gelap pada tumbuhan.

Proses Fotosintesis

Meskipun sudah terdapat banyak hal yang diketahui tentang proses fotosintesis, tetapi masih ada beberapa tahap yang belum dapat dijelaskan, oleh karena itu sampai saat ini fotosintesis masih terus dipelajari.

Ilmu biologi, kimia, fisika adalah beberapa ilmu yang termasuk cabang ilmu yang terlibat, karena proses fotosintesis sangat kompleks sekali.

Daun adalah organ inti tempat terjadinya fotosintesis pada tumbuhan. Namun, potensi reaksi ini dapat berlangsung pada semua sel yang memiliki kloroplas.

Fotosintat merupakan istilah yang digunakan untuk hasil fotosintesis yang biasanya dikirim ke jaringan-jaringan terdekat lebih dulu.

Proses fotosintesis biasanya terjadi melalui empat tahap. Tahap pertama adalah perpindahan energi pada klorofil antena dengan skala waktu femtodetik hingga pikodetik, tahap kedua adalah perpindahan elektron pada reaksi fotokimia dengan skala waktu pikodetik hingga nanodetik, tahap ketiga adalah perpindahan elektron dan sitensis ATP dengan skala waktu mikrodetik hingga milidetik, dan tahap keempat adalah fiksasi karbon dan ekspor produk stabil dengan skala waktu milidetik hingga detik.

Pengertian, Proses & Reaksi Fotosintesis Pada Tumbuhan | Raden Winata | 4.5