Pengertian, Struktur, Bagian & Fungsi Ginjal Manusia

Bila diliat dari struktur bentuknya, Ginjal manusia mirip bentuk biji kacang merah atau juga mirip kacang buncis dan juga berwarna coklat.

Pengertian, Struktur, Bagian & Fungsi Ginjal

Ginjal Terdapat didalam rongga perut sisi belakang, persisnya di sisi kanan kiri tulang pinggang, karenanya, ginjal kerap dimaksud sebagai buah pinggang.

Ginjal kiri umumnya memiliki ukuran semakin besar dari pada ginjal kanan. Ginjal kanan lebih rendah posisinya dari pada ginjal kiri lantaran tertekan oleh hepar (hati).

Ginjal mempunyai dimensi panjang sekitaran 6 – 7, 5 sentimeter dan juga tidak tipis 1, 5 – 2, 5 sentimeter. Berat ginjal pada orang dewasa sekitaran 140 gr.

Dengan cara melintang, Ginjal terbagi dalam tiga susunan. Sisi luar dimaksud korteks atau juga kulit ginjal, dibagian bawahnya ada medula atau juga sumsum ginjal dan juga dibagian dalam ada rongga yang dimaksud pelvis renalis atau juga rongga ginjal.

Di bagian korteks atau juga kulit ginjal ada glomerulus dan juga simpai Bowman. Glomerulus dan juga simpai Bowman membuat kesatuan yang dimaksud dengan Tubuh Malpighi. Di bagian ini sistem penyaringan darah diawali.

Tubuh malpighi adalah awal dari nefron. Nefron yaitu unit struktural dan juga fungsional ginjal.

Setiap ginjal tersusun dari sekitaran 1 juta nefron. Dari tubuh Malpighi terdpat saluran yang menuju sisi medula atau juga sumsum ginjal.

Medula atau juga sumsum ginjal tersusun dari saluran-saluran yang disebut lanjutan dari tubuh malphigi dan juga saluran yang ada dibagian korteks.

Pelvis renalis atau juga rongga ginjal adalah rongga yang berperan sebagai penampung urine sesaat, sebelumnya urine di keluarkan lewat ureter.

Manfaat paling utama dari ginjal yaitu menyaring darah. Dari sistem penyaringan ini dkeluarkan zat sisa berbentuk urine.

Sistem didalam ginjal mencakup penyaringan (filtrasi), penyerapan kembali beberapa zat yang bermanfaat (reabsorpsi), dan juga pengeluaran zat yang ketika itu tak dibutuhkan dan tidak bisa disimpan pada badan (augmentasi).

Sistem ini berlangsung di glomerulus. Cairan yang tersaring ditampung oleh simpai Bowman. Cairan itu tersusun dari urea, glukosa, air, ion-ion anorganik seperti natrium kalium, kalsium, dan juga klor.

Darah dan juga protein tetaplah berada didalam kapiler darah lantaran tidak bisa menembus pori–pori glomerulus.

Cairan yang tertampung di simpai Bowman biasa disebut dengan istilah urine primer. Sepanjang 24 jam, darah yang disaring bisa meraih sekitaran 170 liter.

Sisa dari penyaringan ini yaitu berbentuk urine yang masihlah memiliki kandungan banyak zat yang dibutuhkan oleh badan, seperti glukosa, garam-garam, dan juga asam amino.

Sistem ini berlangsung di tubulus kontortus proksimal. Sistem yang berlangsung yaitu penyerapan kembali beberapa zat yang masihlah bisa dibutuhkan oleh badan.

Zat yang diserap kembali yaitu glukosa, air, asam amino dan juga ion-ion anorganik. Sedang urea cuma sedikit diserap kembali.

Cairan yang dibuat dari sistem reabsorbsi ini umum dimaksud dengan urine sekunder.

Sistem ini berlangsung di tubulus kontortus distal dan juga di saluran pengumpul. Di bagian ini berlangsung pengumpulan cairan dari sistem terlebih dulu.

Dibagian ini dapat masihlah berlangsung penyerapan ion natrium, klor dan urea. Cairan yang dibuat telah berbentuk urine sebenarnya, yang kemudian disalurkan ke bagian rongga ginjal.

Urine yang telah terbentuk dan juga terkumpul di rongga ginjal dibuang keluar badan lewat ureter, kandung kemih dan juga uretra.

Sistem pengeluaran urine dikarenakan oleh adanya dorongan didalam kandung kemih.

Desakan pada kandung kemih terkecuali dikarenakan oleh dampak saraf juga ada kontraksi otot perut dan juga organ-organ yang menghimpit kandung kemih.

Jumlah urine yang di keluarkan bukan sekedar di pengaruhi oleh banyak cairan yang diminum dan juga dampak hormon antidiuretika, tetapi ditetapkan juga oleh jumlah garam yang perlu di keluarkan dari darah supaya desakan osmosis darah tetaplah.

Pengertian, Struktur, Bagian & Fungsi Ginjal Manusia | Raden Winata | 4.5