Pengertian & Contoh Ikatan Hidrogen

Ikatan Hidrogen adalah merupakan suatu interaksi tarik-menarik antara tom yang memiliki sifat elektronegatif dan atom hidrogen yang terikat pada atom lain yang juga memiliki sifat elektronegatif.

Pengertian & Contoh Ikatan Hidrogen

 

Berdasarkan definisi diatas, dapat disimpulkan bahwa ikatan ini tidak hanya terjadi pada sebuah molekul saja, akan tetapi bisa juga antara molekul satu dengan molekul lainnya.

Ikatan Hidrogen memiliki sifat yang lebih kuat jika dibandingkan dengan gaya Van der Waals, akan tetapi ia lebih lemah jika dibandingkan dengan Ikatan Kovalen ataupun Ikatan Ion.

Pada umumnya, ikatan hidrogen sangat mendominasi kondisi dalam larutan air, kimia air dan pelarut hidroksilik. Ikatan hidrogen juga bisa sebagai penghubung rantai polipetida dalam rantai protein dan pasangan basa dari asam nukleat dalam sistem biologi.

Perbandingan sifat fisik titik didih abnormal dari senyawa NH3, HF dan H2O merupakan bukti kuat adanya peran ikatan ini yang bisa dikatakan sangat signifikan.

Peran ikatan hidrogen sangat jelas, bisa dilihat juga dari penyimpangan titik didih NH3, HF dan H2O dalam hubungannya dengan titik didih senyawa kovalen hibrida dari unsur-unsur dalam golongan yang sama.

Juga, melalui studi kristalografik, yaitu sinar X, difraksi neutron, spekrum infra merah serta Nuclear Magnetic Resonance (NMR) baik itu padatan cair ataupun larutan, adalah beberapa bukti kuat yang lebih signifikan adanya ikatan ini.

Contoh Ikatan Hidrogen

Contoh ikatan hidrogen paling sederhana yang dapat ditemukan yaitu pada spektroskopi inframerah, dimana terdapat ikatan hidrogen akan memperlebar stretching.

Pengertian & Contoh Ikatan Hidrogen | Raden Winata | 4.5