Pengertian & Contoh Metabolisme, Katabolisme dan Anabolisme

Berikut ini akan dibahas mengenai Pengertian Metabolisme, Katabolisme, dan Anabolisme.

Metabolisme, Katabolisme dan Anabolisme

Metabolisme

Pengertian Metabolisme adalah segala bentuk proses kimiawi yang terjadi didalam tubuh makhluk hidup. Kata metabolisme berasal dari Bahasa Yunani, kata metabole yang berarti berubah. Kata berubah ini mempunyai dua pengertian yang berbeda.

Pertama, berubah menjadi senyawa lebih kompleks yang disebut sebagai anabolisme, asimilasi, atau sintesis. Kedua, berubah berarti menjadi senyawa yang lebih sederhana disebut dengan katabolisme atau kata lain disimilasi. Dengan kata lain, metabolisme dapat meliputi dua macam reaksi, seperti anabolisme, dan katabolisme.

Didalam proses metabolisme ini dapat melibatkan berbagai reaksi kimia yang sejumlah dengan energi menyertainya. Metabolisme di dalam makhluk hidup dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu katabolisme, dan anabolisme.

Secara umumnya, metabolisme berperan sebagai pihak yang bertanggung jawab dengan peraturan materi dan sumber energi dari sel. Seluruh sel dalam makhluk hidup, pada dasarnya berguna seperti miniatur pabrik, yang melakukan berbagai reaksi biokimia yang beragam. Suatu contoh reaksi tersebut adalah melepaskan energi.

Katabolisme

Pengertian Katabolisme merupakan sebuah proses pemecahan atau penguraian senyawa kompleks yang senyawanya lebih sederhana dan dapat menghasilkan energi yang dapat berfungsi oleh organisme dan digunakan untuk beraktivitas.

Sebuah rangkaian atom-atom dapat disimpan oleh senyawa organik. Dengan dibantu oleh enzim, sel secara teratur dapat memecah moleku-molekul yang lebih sederhana dengan ukuran energi yang sangat kecil.

Terdapat dua cara organisme yang dapat menghasilkan energi, yaitu:

  1. Respirasi Seluler, berguna dengan memakai oksigen sebagai bahan organik. Proses keseluruhannya berlangsung dengan respirasi seluler dengan sebagai berikut.

Senyawa organik + oksigen => karbon dioksida + air + energy

  1. Fermentasi atau respirasi anaerob merupakan proses pemecahan molekul yang berlangsung dengan tidak menggunakan oksigen.

Contoh reaksi Katobolisme, yaitu perubahan glukosa menjadi CO2 dan  H2O dalam respirasi aerob yang berlangsung di dalam sel. Dalam pemecahan glukosa sangat diperlukan oksigen dan membebaskan sejumlah energy. Energy tersebut selanjutnya digunakan buat berbagai aktifitas.

Anabolisme

Pengertian anabolisme merupakan sebuah proses penyusunan senyawa kimia yang sederhana ke senyawa kimia atau molekul yang kompleks. Peristiwa tersebut memerlukan energi eksternal (dari luar).

Lalu, energi itu difungsikan untuk mengikat senyawa sederhana menjadi senyawa yang lebih kompleks lagi. Dengan begitu, pada proses ini energi yang akan diperlukan tidak akan hilang.

Akan tetapi disimpan dalam bentuk ikatan-ikatan kimia pada senyawa atau materi komplek yang akan baru terbentuk. Energi yang akan digunakan dalam proses anabolisme dapat berupa energi cahaya atau energi kimia.

Energi yang berasal dari cahaya dinamakan dengan fotosintesis, sedangkan energi yang berasal dari kimia dapat disebut dengan kemosintesis.

Senyawa kompleks yang disintesiskan oleh organisme merupakan senyawa organik atau senyawa hidrokarbon yang bisa disusun oleh organisme autotrof sedangkan senyawa organik yang disintesiskan dengan energi cahaya dapat disebut dengan fotoautotrof.

Jika menyintesiskan senyawa organik tersebut memerlukan energi kimia yang disebut dengan kemoautotrof.

Pengertian & Contoh Metabolisme, Katabolisme dan Anabolisme | Raden Winata | 4.5