9 Macam Gambar Motif Batik Indonesia Modern

Ada beragam jenis motif batik yang menyebar di Nusantara. Batik adalah seni lukis memakai kain bergambar yang mempunyai pola dan juga cara membuat spesial dengan menuliskan atau juga tempelkan zat malam/lilin pada kain itu, yang dilanjutkan dengan pemrosesan lewat cara spesifik yang khas.

9 Macam Gambar Motif Batik Indonesia Modern

Batik Indonesia sebagai budaya sudah diputuskan oleh UNESCO sebagai warisan kemanusiaan entuk budaya lisan dan juga nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) mulai sejak tanggal 2 Oktober 2009.

Batik datang dari bhs Jawa, yakni “amba” yang bermakna “menulis” dan juga “titik” yang berarti “titik”, hingga jika dipadukan lebih kurang berarti “menulis titik-titik. ”

Batik mempunyai motif-motif yang sangat bermacam dan juga umumnya tergantung dengan ciri khas atau juga kepercayaan di masing-masing daerah. Keseluruhan motif batik yang terdaftar telah kian lebih 30 type tidak sama. Tetapi, pada kesempatan ini kita cuma bakal mengulas 9 Jenis Gambar Motif Batik Indonesia paling popular.

1. Motif Batik Mega Mendung

Motif yang datang dari kota Cirebon ini mempunyai ciri khas sendiri dalam bikin motif. Di antara motif yang paling popular bahkan juga jadi ciri khas kota Cirebon yaitu batik Mega Mendung.

Motif Batik Mega Mendung

Batik mega mendung berisi pola-pola berupa awan dengan di beri warna yang gelap seperti biru tua, merah tua, hijau tua dan juga sebagainya.

2. Motif Batik Pekalongan

Umumnya motif dari pekalongan di pengaruhi oleh kebudayaan-kebudayaan luar yang datang lantaran aspek perdagangan.

Motif Batik Pekalongan

Hal semacam ini karena sebab letak kota Pekalongan begitu strategis sekali untuk tempat perdagangan dikarenakan gampang diraih dari semua penjuru.

Beberapa motif batik Pekalongan ini didominasi dengan bentuk-bentuk fauna, tetapi umumnya tetaplah didominasi dengan motif tumbuh-tumbuhan.

3. Motif Batik Malang

Batik malang populer dengan motif batiknya yang condong cerah, seperti mempunyai warna basic biru lalu di timpa menggunakan bahan berwarna putih, lalu bahan berwarna putih tersebut di timpa lagi menggunakan bahan berwarna merah.

Motif Batik Malang

Rata–rata motif batik Malangan ini memiliki pola berupa tanaman atau juga beberapa lambang kota Malang seperti candi-candi yang ada di dalamnya.

4. Motif Batik Tasik

Batik memanglah bukan cuma ada di daerah Jawa saja, beragam jenis motif batik saat ini juga berkembang di Tanah Sunda.

Motif Batik Tasik

Seperti tiap-tiap daerah mempunyai ciri khas dan juga filosofi sendiri untuk motif batiknya, motif Tasik ini dapat memiliki ciri khas sendiri.

Batik-batik yang datang dari Tasikmalaya ini biasanya berupa rerumputan, fauna dan juga beberapa hal yang terkait dengan alam.

Sedang pewarnaannya, umumnya berwarna biru, merah padam dan juga coklat.

5. Motif Batik Kawung

Motif batik kawung ini mungkin saja begitu di kenal oleh kakek-kakek kita mulai sejak dahulu. Hal semacam ini karena sebab motif ini adalah satu diantara motif batik tertua di Indonesia.

Motif Batik Kawung

Dulu, motif ini cuma bisa digunakan oleh beberapa orang dalam kerajaan sebagai kain sarung raja ataupun permaisurinya. Motif kawung ini adalah deskripsi dari buah kawung dengan kata lain buah aren.

6. Motif Batik Solo

Ciri khas batik dari solo yang kerap dimaksud sebagai batik sogan yaitu warna motifnya yang berwarna kecokelatan

Motif Batik Solo

Batik Solo juga masihlah mengaplikasikan rencana tradisional dengan cuma menggunakan beberapa bahan alami sebagai bahan pewarnanya.

Filosofi motif batik Solo yaitu gelombang-gelombang dari sungai bengawan solo yang memberikan ketenangan.

7. Motif Batik Jepara

Motif batik Jepara dapat dibedakan jadi dua type, yakni motif lama dan juga motif baru. Motif batik jepara lama mempunyai pola dengan warna lung hitam, gajah coklat, flora dan juga fauna daun ulir hijau dan juga yang lain.

Motif Batik Jepara

Sedang batik baru Jepara yaitu batik catat yang banyak macamnya. Batik Jepara sendiri juga populer dengan sebutan Batik kartini. Anda dapat temukan beragam jenis motif batik di kota Jepara.

8. Motif Batik Kraton

Awal mulanya, motif batik keraton begitu eksklusif. Rakyat umum tak diperbolehkan untuk menggunakan motif ini lantaran yang bisa menggunakan cuma Sultan dan juga keluarganya saja.

Motif Batik Kraton

Tetapi terakhir, ketentuan itu dicabut dan juga rakyat umum telah bisa menggunakan motif ini.

Di antara penyebabnya eksklusifnya motif ini yaitu lantaran penemu motif awalannya yaitu putri-putri keraton Yogya sendiri yang notabene masihlah anggota keluarga Sultan.

Sesungguhnya, sangat banyak jenis pakaian batik yang dipunyai oleh Keraton Yogya, tetapi yang di gambar ini yaitu yang paling popular.

9. Motif Batik Sekar Jagad

Motif ini yaitu satu diantara motif yang begitu khas di Indonesia. Batik type ini datang dari Jawa, lebih tepatnya Yogyakarta.

Motif Batik Sekar Jagad

Batik Jogja ini memiliki arti fresh jagad yaitu keindahan atau juga kecantikan yang bikin orang yang memandangnya lalu kagum.

Ada pula yang menafsirkan kalau motif yang berupa seperti pulau-pulau ini tujuannya yaitu sesuai sama namanya, yakni sekar jagad.

Dalam bhs Jawa, “kar jagad” mempunyai arti peta dunia.

9 Macam Gambar Motif Batik Indonesia Modern | Raden Winata | 4.5