Pengertian Rasio Profitabilitas

Rasio Profitabilitas adalah merupakan sebuah rasio yang menunjukan untuk mengetahui kemampuan perusahaan dalam memperoleh keuntungan selama periode tertentu.

Pengertian Rasio Profitabilitas

Rasio ini bertujuan untuk melihat seberapa efisienkah manajemen perusahaan dapat memperoleh keuntungan pada setiap transaksi penjualan yang dilakukan.

Rasio Profitabilitas merupakan ukuran yang memperlihatkan kemampuan manajemen perusahaan dalam melakukan peningkatan transaksi penjualan dan meminimalisir biaya.

Jenis-Jenis Rasio Profitabilitas antara lain:

  1. Gross Profit Margin (Margin Laba Kotor)

Gross Profit Margin adalah merupakan sebuah rasio yang menghitung tingkat efisiensi pengendalian harga pokok atau yang biasa disebut dengan Biaya Produksi. Gross Profit Margin merupakan persentase keuntungan kotor yang dibandingkan dengan penjualan. Perusahaan dianggap baik keadaannya jika Gross Profit Marginnya besar dan semakin besar. Sebaliknya, Perusahaan dianggap kurang baik keadaannya jika Gross Profit Marginnya rendah.

  1. Net Profit Margin (Margin Laba Bersih)

Net Profit Margin adalah merupakan sebuah rasio yang menghitung keuntungan bersih setelah dikurangi pajak terhadap penjualan. Perusahaan dianggap baik keadaannya jika Net Profit Marginnya tinggi. Sebaliknya, Perusahaan dianggap kurang baik keadaannya jika Net Profit Marginnya rendah.

Selain beberapa hal yang sudah dijelaskan sebelumnya, Rasio Profitabilitas juga bertujuan untuk menilai tingkat kemampuan perusahaan dalam menggunakan dana yang dimiliki untuk memperoleh keuntungan yang diharapkan.

Pengertian Rasio Profitabilitas | Raden Winata | 4.5