Pengertian Rasio Solvabilitas

Rasio solvabilitas yaitu rasio yang tunjukkan besarnya aktiva satu perusahaan yang didanai dengan utang. Artinya, seberapa besar beban utang yang dijamin oleh perusahaan dibanding dengan aktivanya.

Pengertian Rasio Solvabilitas

Rasio ini adalah ukuran yang tunjukkan kekuatan perusahaan untuk membayar semua kewajibannya. Baik keharusan periode pendek maupu periode panjang bila perusahaan dibubarkan, atau juga dilikuidasi.

Perusahaan yang mempunyai rasio solvabilitas yang tinggi mempunyai kemungkinan kerugian yang semakin besar dari pada perusahaan dengan rasio solvabilitas yang rendah.

Beberapa Jenis Rasio Solvabilitas

Debt to Asset Ratio, Debt Ratio

Rasio ini tunjukkan nilai relative pada nilai keseluruhan utang pada keseluruhan aktiva. Rasionya dihitung dengan membagi nilai keseluruhan utang dengan keseluruhan aktiva.

Dari formulanya bisa di ketahui kalau rasio ini menunujukkan sebarapa besar pendanaan perusahaan yang dibiayai oleh utang disbanding dengan keseluruhan aktiva yang dipunyai oleh perusahaan.

Nilai rasio 0. 5 atau juga 50 % tunjukkan kalau creditor mendanai perusahaan 50 % dari keseluruhan aktiva yang dipunyai oleh perusahaan.

Makin besar nilai rasionya, jadi makin besar utang yang dipunyai oleh perusahaan. Artinya makin besar keharusan perusahaan yang perlu dipenuhi pada pihak lain.

Debt to Equity Ratio

Debt to Equity Ratio tunjukkan nilai relative pada keseluruhan utang dengan keseluruhan equitas. Rasionya dihitung dengan membagi nilai keseluruhan utang dengan keseluruhan equitas.

Dari formulanya di ketahui kalau Debt to Equity Ratio tunjukkan besarnya pendanaan perusahaan yang dibiayai olek creditor dibanding dengan pendanaan yang dibiayai oleh pemegang saham.

Nilai rasio 0, 75 atau juga 75 % tunjukkan kalau perusahaan dibiayai oleh utang yang nilainya 75 % dari keseluruhan ekuitas.

Makin besar nilai rasionya, jadi makin besar utang yang dipunyai oleh perusahaan. Artinya makin besar keharusan perusahaan yang perlu dipenuhi pada pihak lain.

Pengertian Rasio Solvabilitas | Raden Winata | 4.5