Inilah Beberapa Cara Membuat Email Dengan Domain Sendiri

Cara membuat email dengan domain sendiri merupakan suatu hal baru yang dapat Anda lakukan dalam membuat email dengan domain sendiri. Beberapa syarat yang harus dimiliki juga cukuplah mudah yaitu harus memiliki cPanel serta hosting yang bisa mendukung dalam membuat email. Karena hal tersebut sudah dapat dipastikan bahwa seluruh penyedia Hosting sudah menyediakan berbagai fitur email.

cara membuat email dengan domain sendiri

Pada umumnya dalam membuat email dengan domain sendiri dapat dilakukan dengan dua langkah yaitu dengan cara menggabungkan email yang telah dibuat dengan domain sendiri pada cPanel dan dengan cara memanfaatkan fitur Google Apps yang berbayar.  Namun sepertinya bagi sebagian besar orang memanfaatkan fitur gratis adalah salah satu hal yang akan menguntungkan, sehingga pada artikel ini akan dibahas beberapa cara untuk membuat email dengan domain sendiri secara gratis.

Cara membuat email dengan domain sendiri menggunakan cPanel (gratis) adalah sebagai berikut:

  1. Catat SMTP email yang sudah dibuat sebelumnya pada cPanel dengan cara memilih atau mengklik Set Up Mail Client.
  2. Setelah window terbuka yang telah mengidentifikasi alamat STMP email kemudian gunakan Non-SSL. Dengan menggunakan Non-SSL proses akan cepat terintegrasi dan lebih cepat dalam mengirim serta menerima email.
  3. Kemudian masuk ke akun gmail, setelah itu pilih setting.
  4. Klik Account and Import lalu tambah email yang sudah dibuat sebelumnya pada cPanel dengan cara pilih Add another email address your own.
  5. Setelah melakukan langkah diatas, klik Add another email address. Lalu isilah form atau data dengan memasukan email yang sudah dibuat dengan SMTP server serta password, kemudian klik Add account.
  6. Langkah selanjutnya yaitu masukkan kode verifikasi jika diminta kode verifikasi.
  7. Untuk memasukkan kode verifikasi, temukan kode tersebut pada cPanel dengan mengakses webmail.
  8. Setelah ditemukan, copy kode verifikasi itu.
  9. Klik Verify dan klik url confirmation di email yang sama.
  10. Klik Confirm
  11. Setting gmail dengan cara klik Make Default agar bisa mengirim pesan email dengan domain sendiri. Caranya yaitu Setting > Account and Import.
  12. Setelah semua langkah diatas Anda lakukan, maka mulai saat itu juga Anda bisa mengirim dan menerima email menggunakan domain sendiri.

Seperti itulah cara membuat email dengan domain sendiri yang sangat mudah Anda lakukan tanpa mengeluarkan biaya. Cara-cara seperti diatas bisa dengan mudah Anda lakukan asalkan memenuhi persyaratan untuk membuat email dengan domain sendiri. Syaratnya yaitu cukup memiliki akun gmail, memiliki domain, memiliki hosting, dan memiliki email pada cPanel.

Selain membuat email dengan domain sendiri di cPanel, Anda juga sebetulnya bisa membuatnya pada Google Apps, namun pada Google Apps tersebut Anda harus membayar biaya penggunaan pada setiap bulannya yaitu kurang lebih sebesar Rp. 70.000.

Inilah Beberapa Cara Membuat Email Dengan Domain Sendiri | Raden Winata | 4.5