Pasar Oligopoli : Pengertian, Contoh, dan Ciri-Cirinya

Pasar Oligopoli adalah pasar yang terdapat dibeberapa tempat menjual produk pasar tertentu. Pasar ini berbentuk pasar persaingan yang belum sempurna. Hanya ada dua penjual yang membedakan pasar ini, pasar tersebut disebut dengan pasar Duopoli. Dan pasar yang terdiri dari dua penjual saja dinamakan pasar Oligopoli.

Pengertian Pasar Oligopoli

Pengertian pasar Oligolopi

Oligopoli yang diartikan dari katanya, yaitu oligos berarti banyak, dan polein berarti menjual, merupakan pasar yang menawarkan suatu jenis barang dan boleh dikuasai dengan beberapa perusahaan. Di dunia pasar oligopoli, setiap perusahaan dapat sengaja mengakui dirinya sebagai bagian yang terikat dengan permainan pasar, dimana keuntungan yang didapatkan dari hasil saingan dengan perusahaan lainnya.

Contoh-Contoh Pasar Oligopoli

Contoh 1 : perusahaan menjual mobil dan motor, perusahaan rokok, industry telekomunikasi, dan perusahaan semen.

Contoh 2 : air mineral, jasa penerbangan, industry baja, industry sabun mandi.

Ciri-Ciri Pasar Oligopoli

Pada dasarnya pasar Oligopoli mempunyai Ciri-Ciri sebagai berikut, yaitu :

  1. Barang standar dan barang jenis beragam dihasilkan oleh perusahaan. Industry barang yang standar adalah industry seperti produsen bensin, industry baja, semen, kimia, dan industry penghasil bahan baku bangunan. Beberapa perusahaan dalam pasar oligopoly menghasilkan barang-barang dengan beragam jenis yang berbeda seperti, industry otomotif, sabun, telepon, dan elektronik lainnya.
  2. Iklan yang dipromosikan terus-menerus. Produk local oligopoly harus terus menerus mengiklankan produksinya yang beragam jenis corak karena untuk mengenalkan produknya kepada pembeli. Perusahaan akan mengeluarkan dana yang besar untuk biaya promosi atau iklan ini. Tujuan promosi adalah untuk menarik costumer yang baru dan mempertahankan costumer yang sudah lama berlangganan. Untuk perusahaan penghasil barang yang standar, biaya untuk iklan atau promosi yang dikeluarkan relative lebih kecil biayanya dan tujuannya untuk menjaga hubungan baik dengan masyarakat.
  3. Hanya mempunyai sedikit penjual, rata-rata hanya 3 sampai 10 yang menjual produk substitusi. Pasar oligopoly mempunyai kurva permintaan dengan elastisitas bersilangan yang relative tinggi.
  4. Perusahaan pasar oligopoly mempunyai hambatan yang menyebabkan perusahaan lain sulit untuk memasukinya. Hal ini disebabkan perusahaan yang ada di dalam pasar hanyalah sedikit.
  5. Harga yang sudah diputuskan oleh perusahaan harus dipertimbangkan dengan perusahaan lainnya. Kekuatan harga yang bergantung pada harga yang ditentukan. Jika suatu harga itu bukanlah merupakan kesepakatan, maka kekuatan harga yang ditentukan akan menjadi lemah.
  6. Harga dijual tidak gambang berubah, bahwasannya penjual sangat sekali suka bersaing dalam hal mutu kemasan, pelayanan, dan lainnya. Mereka enggan untuk bersaing karena jumlah benjualnya yang terbatas.

Setiap perusahaan terdapat satu market leader diantara sejumlah oligopolis yang ada. Market leader adalah oligopolis yang mempunyai kekuatan untuk menentukan harga karena dapat menguasai pasar yang terbesar.

Pasar Oligopoli : Pengertian, Contoh, dan Ciri-Cirinya | Raden Winata | 4.5